Minggu, 16 Juni 2013

DEWI RAHMAWATI (a)_1101045067_4B_PGSD_UHAMKA


Nama                  : Dewi Rahmawati (a)
NIM                     : 1101045067
Prodi                   : 4B PGSD
Tugas                 : inovasi pembelajaran

Media gambar atau foto
          Gambar atau foto adalah media pembelajaran yang sering digunakan. Media ini merupakan bahsa yang umum, dapat dimengerti, dan dinikmati oleh semua orang di mana-mana. Gambar atau foto berfumgsi untuk menyampaikan pesan melalui gambar yang menyangkut indera penglihatan. Pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam symbol-simbol komunikasi visual. Symbol-simbol tersebut perlu dipahami dengan benar agar proses penyampin pesan dapat berhasil dan efisien.










Saya menggunakan media gambar ini untuk siswa kelas 3 semester 2 mata pelajaran IPS (ilmu pengetahuan social) materi mata uang, pada awalnya uang mainan tersebut berukuran kecil, lalu saya menscan uang mainan tersebut, danmenjadi ukuran lebih besar uang tersebut menjadi lebih besar.  Saya membuat uang tersebut menyerupai dengan aslinya, gambar uang tersebut bolak-balik.
Saya memperkenalkan uang kartal, dan giral dengan menggunakan media gambar, agar memudahkan siswa mengetahui ciri-ciri dari uang. Uang kartal terbagi 2 : uang coin dan uang kertas. Pada saat menjelaskan uang coin saya menggunakan uang coin yang asli.  Dan pada saat saya menjelaskan uang kertas saya menggunakan media tersebut. Dan pada saat menunjukkan uang giral saya menggunakan media tersebut melihat contoh giro, wessel pos, dan cek.
Media gambar atau foto bisa digunakan dalam mata pelajaran yang lain tergantung kebutuhan guru.
 


Kelebihan media gambar :
1.   Sifatnya konkret, lebih realitas dibandingkan dengan media verbal.
2.   Dapat memperjelaskan suatu masalah dalam bidang apa saja, baik untuk usia muda maupun tua
3.   Murah harganya dan tidak memerlukaan peralatan khusus dalam penyampaian

Kelemahan media gambar :
1.   Gambar atau foto hanya menekankan persepsi indera mata
2.   Ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar.

1 komentar: