Nama: Ayu Satwari
Kelas PGSD 4B
Nim: 1101045048
LATAR BELAKANG
Saat ini, pembelajaran inovatif yang akan mampu
membawa perubahan belajar bagi siswa, hal ini telah menjadi barang wajib bagi
guru. Pembelajaran lama telah usang, karena dipandang hanya pada metode
ceramah. Siswa sangat tidak nyaman dengan metode ceramah saja. Sebaliknya,
siswa akan nyaman dengan pembelajaran yang inovatif serta sesuai dengan pribadi
siswa saat ini, atau pembelajaran yang mampu memotivasi serta
memberi kesan fresh di dalam kelas.
Bagi anak usia SD, belajar yang perlu ditekankan
adalah melalui pengalaman langsung. Pengalaman langsung akan membuat
pengetahuan yang mereka dapat lebih bertahan lama di otak mereka dari pada
mendengarkan ceramah dari guru. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangat
bagus diterapkan bagi anak SD karena dalam pembelajaran ini menekankan pada
tindakan nyata dan berpusat pada siswa. Pembelajaran ini menekankan bahwa anak
belajar dengan seluruh tubuhnya, semua alat indra dilibatkan. Siswa tidak hanya
duduk diam, tapi dengan aktivitas yang menggerakkan seluruh indranya
PENDAHULUAN
Di
tengah-tengah maraknya dunia informasi, media GLOBE masih menjadi hiburan
anternatif bagi anak-anak untuk menyampaikan pesan, baik pesan karakter,ataupun
pelajaran di sekolah.
Globe
harus di bangkitkan dan digalakan khususnya di sekolah-sekolah atau pendidikan
Usia dini, karena media ini sangat efektif untuk menyampaikan materi-materi
yang akan diajarkan,sehingga pembelajaran ips lebih efektif dan efisien.
MEMBUAT PANGGUNG
Apa
saja bahan-bahan yang di gunakan:
1. Bola
kaki pelastik
Globe
dengan bahan dengan bola pelastik sebenarnya mudah dibuatnya dan bahanya pun
mudah didapat, kita hanya melangkah ke warung bahan kitapun bisa langsung
mendapatkannya, namun demikan globe dengan bahan bola pelastik memiliki
kekurangan yaitu mudah penyok atau gepeng. Sebenarnya ada bahan lain yang bisa
digunakan untuk membuat media globe, seperti dari kawat jemuran , koran atau
lampu taman. Tapi alangkah baiknya jika tidak memilih bahan kawat jemuran karena
bahan kawat jemuran mudah patah dan betuknya tidak mirip dengan bola dunia atau
globe,tidak bulet. Apalagi penontonnya anak-anak yang aktif, karena sering kali
anak-anak ingin tau apa yang ada di depannya dan tertarik untuk
memegangnya.
2. CAT
AIR
Cat
air ini digunakan sebagai bahan untuk menutupi bagian bentuk bola yang aslinya.
Selain itu, cat air berwarna biru laut bisa juga mewarnai asli gambar globe tersebut.
Dengan menggunakan cat air akan menghias yang menarik, akan lebih mudah
mengarahkan perhatian siswa.
3. KAYU
Kayu
disini untuk menyangkah bola agar bisa berdiri kemiringan 66 1/2 derajat dan bisa diputar-putar untuk melihat
benua-benua
Globe dapat
digunakan untuk keperluan pengetahuan berikut :
1.
Mengetahui proses
gerhana
2.
Mengetahui proses
perubahan musim
3.
Menghitung pembagian
waktu
4.
Menghitung pembagian
waktu
5.
Membandingkan luas
daratan dengan lautan di permukaan bumi
6.
Sebagai media peragaan
bentuk bumi dan rotasi
7.
Mengetahui skala
nominal tentang jarak, bentuk dan luas
PELAKSANAAN KEGIATAN
- Guru
menggali pengetahuan yang diketahui siswa mengenai benua-benua,
2. Guru
memberikan penjelasan mengenai globe,benua-benua.
3. Guru
mempersiapkan media globe yang akan digunakan untukmenampilan benua-benua
terletak dimana.
4. Guru
menjelaskan benua-benua sambil membawa media globe keSeluruh siswa.
5. Siswa
maju satu persatu untuk menunjukan benua-benua.
Cara penggunaan globe kalau globenya ringan adalah sebagai berikut:
1.
Pegang gagang dengan kuat dan mantap
dengan tangan kiri
2.
Diangkat di atas bahu kiri, kalau berat di letakkan di atas
meja.
3.
Letakkan posisi globe
yang benar (o derajat sampai dengan 180 derajad) belahan
bumi timur berada di sebelah kanan kita dan (180 derajat sampai dengan 0
derajad ) belahan bumi selatan berada dikiri kita berdiri.
4.
Diputar dengan satu jari saja (telunjuk)
berlawanan dengan arah jarum jam
5.
Memutar dengan pelan. Jika globenya berat cukup diletakkan diatas
meja yang agak tinggi di depan kelas, untuk penggunaan sama dengan diatas.
6.
Penyimpanannya : globe dimasukkan kedalam plastik yang tembus pandang
supaya globe bisa dilihat dan tidak debuan.
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN MEDIA GLOBE YANG SAYA BUAT
KEKURANGAN MEDIA GLOBE
:
1.
Hanya berupa visual saja.
2.
Ukuran gambar kadang
tidak sesuai dengan kelompok besar.
3.
Dapat sangat
membingungkan bagi orang yang ingin mengartikannya.
4.
Hanya dapat digunakan dalam pembahasan-pembahasan yang terbatas saja.
KELEBIHAN MEDIA GLOBE :
1. Dapat memberikan informasi tentang permukaan bumi.
2. Dapat memberikan pengetahuan relatif dan tetap tentang posisi suatu
wilayah.
3. Dapat melengkapi pengetahuan dan informasi tentang arah, jarak, bentuk dan
ukuran suatu wilayah.
4. Dapat menambah arti dari suatu bahan deskriptif.
5. Dapat memperlihatkan bentuk bumi yang mendekati kebenarannya.
6. Dapat mendemontrasikan gerakan rotasi bumi dari barat ke timur dan
menunjukan suatu lokasi walaupun tidak sedetail peta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar