Nama
: CHAIRA ANISAA
NIM
: 1101045056
Prodi
: 4B – PGSD
Tugas
: Membuat Metode pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Dosen
: Laely, M.pd
I.
Pendahuluan
Media
flip chart adalah kumpulan ringkasan, skema, gambar, tabel yang dibuka
secara berurutan berdasarkan topik materi pembelajaran. Bahan flip chart
biasanya kertas ukuran plano yang mudah dibuka-buka, mudah ditulisi, dan
berwarna cerah. Untuk daya tarik, flip chart dapat dicetak dengan aneka warna
dan varasi desainnya.
Tapi
dalam pembuatan media flip chart yang saya buat ini agak berbeda dari
bahan-bahan yang biasa digunakan dalam pembuatannya. media nya sendiri disini saya
menggunakan papa triplek sebagai bahan utamanya, agar tahan lama dan dapat
dipakai secara berulang, tanpa perlu takut robek lecek dsb.
o
Cara
penggunaan media flip chart
Cara
penggunaan media ini bergantung metode apa yang akan digunakan. Kalau metode
ceramah, flip chart langsung dibuka sesuai dengan topik pembicaraan untuk
diterangkan atau ditulisi hal-hal yang perlu dituliskan. Untuk metode kuantum,
flip chart dapat berupa nyanyian, kata-kata bijak, atau apa saja yang mendukung
kemeriahan kelas dan bukan merupakan pusat konsentrasi belajar siswa. Flip
chart tidak langsung digunakan melainkan dapat menjadi variasi penekanan materi
ajar. Dalam metode CTL, flip chart dapat dipakai sebagai gambar model untuk
dikonstruksi pembelajar sehingga mendapatkan inkuirinya setelah menggali
informasi gambar flip chart melalui berbagai pertanyaan belajar. Begitulah
seterusnya.
Dalam media yang saya buat ini cara
penggunaan medianya cukup mudah yaitu angkat papan gambar yg pertama (rumah
gadang) lalu dipindahkan kebelakang dilakukan secara berulang dan begitu
seterusnya
v Kelebihan Menggunakan Media Flip
Chart
1)
Flip Chart dapat digunakan dalam metode
pembelajaran inovatif apapun.
2)
Lebih praktis.
3)
Ketika pembelajaran di alam terbuka yang
jauh dari aliran listrik, flip chart sangat tepat untuk membantu presentasi
guru.
4)
Bendel flip chart mudah dibawa ke mana
saja bergantung tempat presentasi.
5)
Menghemat media pengajaran.
6)
Agar siswa telah tidak bosan sehingga
siswa lebih berimajinasi dalam mengembangkan ide-idenya dalam belajar.
7)
Flipchart juga dapat mempermudah
mengingat suatu materi pelajaran yang di ajarkan guru.
8)
Fleksibilitas, pengajar/pembicara dapat
memutuskan kapan harus menulis.
9)
Lebih baik dari white board karena
pengajar/pembicara dapat mempersiapkan sebelum pelajaran/presentasi dimulai.
10)
Biaya lumayan mahal
11)
Dapat diletakkan dimana saja.
v Kelemahan Menggunakan Flip Chart
1)
Sukar dibaca karena keterbatasan
tulisan.
2)
Pengajar/pembicara cenderung memunggungi
peserta saat menulis.
3)
Biasanya kertas flip chart hanya dapat
digunakan untuk satu kali saja. (menggunakan bahan kertas)
4)
Tidak sesuai untuk peserta yang lebih
dari 15-20 orang
oke,,bagus,makasih ya.
BalasHapus